This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 06 Desember 2012

Analisa Peluang Usaha Digital Printing


I.                   PENDAHULUAN
1. Latar Belakang & Motivasi Melakukan Usaha
1.1 Latar Belakang                                            

Teknologi komputer dan printer yang ada sekarang, telah memungkinkan kita untuk mencetak tidak hanya teks dan gambar sederhana, namun sudah dapat mencetak dengan hasil kualitas foto. Bahkan apabila menggunakan kertas khusus untuk foto, hasilnya menyerupai cetak foto.
Teknologi komputer dan printer yang semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah.
Melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan teknologi print digital yang semakin meningkat dalam kegiatan-kegiatan umum maupun pribadi seseorang, maka usaha digital printing mempunyai pangsa pasar prospektif dan tidak pernah surut. Oleh karena itu peluang usaha di bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan.
1.2 Motivasi Melakukan Usaha
·         Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian dengan membuka usaha sendiri
·         Mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh
·         Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

2. Pemilihan Obyek Usaha
Selain investasi yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang minim, usaha digital printing ini cocok juga dikembangkan di banyak segmen, dari mulai home industri, tempat usaha yang strategis seperti pusat keramaian, pusat perbelanjaan, perumahan, sekolah, sampai dengan kebutuhan untuk perkantoran.
Lokasi usaha di sekitar jln.Pramuka, Singaraja merupakan tempat yang sangat strategis, selain berada di pusat kota, lokasi ini juga menyatu dengan pemukiman penduduk yang cukup ramai. Hal ini merupakan potensi yang sangat mendukung dari usaha ini.


II.       ANALISIS PRODUK
1.      Jenis, Nama dan Karakteristik Produk
Jenis produk-produk yang dihasilkan atara lain:
a. Cetak Foto Digital
1. Mencetak foto dengan berbagai ukuran seperti 2×3, 3×4, 4R, 10R
2. Mencetak dari berbagai media seperti CD, Flash Disk, Handphone, Memory Card, Kamera Digital, dan media penyimpanan lainnya.
b. Kartu nama
Menghasilkan kartunama yang cepat dan bisa di desain sesuai permintaan pelanggan. Ada beberapa pilihan kertas, yaitu, Linen dan Matt paper
c. Print Full Colour Ukuran A4
Ada beberapa kertas yang bisa dipilih yaitu, Hvs, Glossy, Inkjet, Matt paper, Linen. Kertas yang tidak tahan air dapat dilaminasi sehingga hasil printingnya dapat tahan air.

2.      Keunggulan produk dibanding produk lain di pasaran
Produk jasa yang ditawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yakni:
·         Proses pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien dibandingkan dengan cara konvensional (sablon).
·         Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
·         Dapat dikerjakan secara cepat atau instant (15 menit jadi).
·         Bisa di tunggu

3.      Keterkaitan dengan Produk lain Termasuk Perolehan Bahan Baku
Dalam menyediakan produknya digital printing membutuhkan barang-barang antara lain:
·         Komputer
·         Printer kualitas foto
·         Card Reader
·         Bluetooth
·         Macam-macam kertas untuk media cetak

4.      Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut
·         Toko komputer dan aksesoris
·         Toko kertas



III.       ANALISIS PASAR
1     1.    Profil konsumen
·         Masyarakat yang saat ini banyak menggunakan kamera digital, hand phone, atau handycam untuk mendokumentasikan kejadian-kejadian atau kegiatan kegiatan yang dilakukannya baik individu maupun organisasi seperti acara seminar, pernikahan, pelatihan, pameran, atau launching suatu produk.
·         Perusahaan yang membutuhkan media promosi untuk produknya, seperti kartu nama, brosur, dan poster.

2     2.    Media promosi yang akan digunakan
·         Spanduk
Dipasang di depan tempat lokasi usaha, serta beberapa tempat strategis lainnya seperti central park dan lampu merah di jln.Pramuka
·         Seminar atau Event
Bekerjasama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti; Seminar, Talkshow, konser dan Diskusi.
·         Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, serta minta referensi dari pelanggan siapa yang biasa menggunakan layanan printing digital.
·         SMS (Short Message Service) dari Handphone atau Internet
Mengirim SMS kepada teman, saudara, atau kerabat mengenai bisnis printing digital.

3    3.   Target atau rencana penjualan satu tahun
·         Triwulan pertama
1. 40% instansi, perusahaan,masyarakat yang ada di sekitar jln.Pramuka mengenal dan              15%nya menggunakan produk kita
 2. Pendekatan ke organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan
 3. Promosi besar-besaran di sekitar kota singaraja
·         Triwulan kedua
1. 65% instansi, perusahaan, yang ada di sekitar jln.pramuka mengenal dan 25%nya menggunakan produk Digital printing
2. Pendekatan ke instansi
      3. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada
·         Triwulan ketiga
       1. Mempertahankan target triwulan pertama dan kedua
         2. Pendekatan ke instansi dan perusahaan
          3. Mempertahankan pelanggan
·         Triwulan keempat
         1. Mempertahankan triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkannya
         2. Mempertahankan pelanggan
   3. Persiapan modal untuk penambahan peralatan dan pengembangan usaha
4 . Strategi pemasaran yang akan diterapkan
·         Diferensiasi
Saya mencoba meghadirkan bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada tapi mempunyai prospek yang bagus, tanpa minimum pemesanan dan juga desain yang tidak hanya kreatif, enak dilihat, tetapi juga desain yang menjual.
·         Tempat
Memilih tempat strategis di sekitar jln.pramuka
·         Strategi produk
1. Menyediakan layanan jemput antar untuk pelanggan di dalam kota
2. Melayani pesanan melalui telepon
3. Menyediakan konsultasi tentang desain
4. Memberikan diskon produk




IV.          ANALISIS PELUANG  USAHA

INVESTARI AWAL
• 2 Set Komputer Core tu Duo 7400 + Monitor LCD            :          Rp. 8.000.000,-
• 2 Kamera Digital Poket CANON 12MegaPixel      :           Rp. 7.500.000,-
• 4 Printer Photo EPSON R230X                               :           Rp. 4.700.000,-
• Alat Transfer dari HP (Bluetooth, InfraRed, CardRider,dll), :Rp. 100.000,-
• Meja Komputer dan Layar Background                  :           Rp. 400.000,-
Sewa tempat /tahun                                                    :           Rp. 3.000.000,-

Total Biaya INVESTASI                                                       Rp. 23.700.000,-


BIAYA OPERASIONAL / BULAN
• Tinta Printer 1 set (6 warna/100ml)                                                  Rp. 150.000,-
• Kertas(
Hvs, photo, Matt paper, Linen) ukuran A4  masing-masing 300lbr             Rp. 350.000,-
• Listrik                                                                                               Rp. 50.000,-

Total Biaya Operasional                                                                      Rp. 550.000,-

PENDAPATAN / BULAN
1 lbr A4 = 12 lbr ukrn 2R / Dompet (ukrn 5,25 x 7 mm),
Harga Jual ukuran 2R =Rp. 2.000
12 x Rp. 2.000 = Rp. 24.000,-
Jadi Kalo 1 hari bisa menjual 10 lbr A4 = Rp. 240.000 x 30 hari = Rp.7.200.000,-/bulan

KEUNTUNGAN TIAP BULAN
Pendapatan Bulanan - Biaya OperasionalRp. 7.200.000 - Rp. 550.000 = Rp. 6.650.000,-

LAMA KEMBALI MODAL
Biaya INVESTASI : Keuntungan bulanan 23.700.000 : 6.650.000 = 3,7 bulan